Cycloop yang unik dan misteri

Nama ini ditemukan dalam informasi marking point contributed pada google map : https://maps.app.goo.gl/cGzuNLn69iiVBMqK7 . Saya sendiri menjadi penasaran saat mengelola data terrain model dari kawasan Cycloop, karena saat melihat penampakan terrain pada wilayah Cycloop menemukan cekungan yang tidak begitu dalam pada data DTM (Digital Terrain Model) di daerah Nolokla kampung Harapan. Saya memutuskan untuk menggunakan informasi satelit imagery (Quickbird Maxar Technologies) terrain untuk melihat penampakan 3 dimensinya. Dengan menggunakan citra setelit dengan resolusi tinggi akhirnya terjawab bahwa wilayah ini merupakan telaga yang memilii luasan sekitar 11,70 hektar. Karena belum pernah hiking kedaerah ini, belum juga mendapatkan referensi terlulis yang memadai saya memutuskan dengan menyediakan visualisasi seperti pada gambar terlampir ini.
Gambar. Digital Terrain Model Telaga Horoli Fauw
Rujukan yang digunakan adalah menggunakan data kelas penutupan lahan tahun 2022 yang bersumber dari IPSDH Kementerian Kehutanan dan Lingkungan hidup, pada klasifikasi badan air wilayah tersebut telah di adjusment sebagai daerah yang masuk dalam kelas badan air.
Dengan informasi yang sangat terbatas sepertinya wilayah ini kadang menjadi daerah hikking dengan titik finisnya di telaga ini. Kemudian mereka akan berbalik ke kampung harapan. Tutupan vegetasi terlihat rapat dengan tutupan hutan primer karena berada dalam kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop.
Menjadi menarik jika ada yang bisa berkomentar bagi mereka yang mengetahui telaga ini.
Cycloop memang perlu di jaga dan dilindungi karena merupakan kawasan konservasi dengan mosiak alam pegunungan yang menjulang tinggi dan mandat konservasi yang perlu dilestarikan. Selain itu masayarakat yang berada mengitari Cycloop memiliki cerita antropologis tentang hubungan mereka dengan kawasan gunung ini, potensi vegetasi dan satwa yang ada didalamnya juga merupakan satwa dan vegetasi endemik yang menambah kekayaan biodiversity pada kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop.
Telaga Horoli Fauw mungkin merupakan salah satu dari beberapa telaga alam yang berada dalam gunung Cycloop. Mari tong rame-rame jaga keutuhan alami kawasan ini dari berbagai intervensi ataupun upaya penyerobotan yang dapat mengganggu daya dukung kawasan ini.