Pdt. Yosias Tebay MA, Sang Inspirator/Panutan Iman dan Tokoh Gereja Pribumi Kingmi Papua dari kampung Okago Paniai Barat

Dalam sebuah video yang di unggah di lamen facebook Natan Pigay  yang berisi acara Kebaktian Kebunganan Rohani (KKR) yang diselenggarakan di Enarotali, bersama pemerintah kabupaten Paniai, Sinode Gereja Kingmi Wilayah Paniai dan persekutuan gereja yang lain. Dalam momentum KKR pada 1 Agustus 2024 dengan suasana girang puji-pujian bagi Tuhan, tampil seorong sosok yang sudah menua, adalah salah satu tokoh besar dari kampung kecil Okago di bagian barat disisi tepian danau Paniai distrik Paniai Barat. Tokoh dan pahlawan Iman yang sebagai tiang dan tonggak bagi berdirinya Gereja Kemah Injil Kingmi di Tanah Papua. Beliau adalah Pdt. Yosias Tebay, MA atau lebih singkatnya Pdt. Y. Tebay. Sebelum Ia berdoa untuk menutup ibadah KKR tersebut,

 “Sebelum saya berdoa, doa penutup, ibadah atau KKR misi penginjilan ini, saya minta seluruhnya  tepuk tangan dua kali buat Tuhan Yesus, Helleluya…Helleluya...Puji Tuhan... Puji Tuhan, Injil sudah tanam di negeri ini, dia sudah jadikan tanah ini tanah injil. Injil  sudah masuk 83 tahun lalu, injil sudah jadi kami. Saya mengucap syukur kepada Tuhan, sebelum saya menutup ibadah ini, saya sampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati (Paniai), seluruh staf, program ini program Kristus, karena Dia (Tuhan Yesus) perintahkan seluruh dunia harus siarkan injil. Kita su dengar Firman Tuhan, saya tidak bisa tambah lagi. Saya hari ini berusia 90 tahun, saya orang Wissel Merrent, Istri saya di Enarotali di sini, sedangkan saya dari Paniai Barat. Saya sudah melayani diladang Tuhan, tanggal 25 Juni yang lalu sudah genap usia 65 tahun (usia pelayanan sebagai seorang hamba Kristus). Diamana- mana injil sudah berjalar (diberitahkan), sebelum saya mulai berdoa saya minta semua gereja yang ada disini, semua persekutuan-persekutuan orang Kristen harus jadi satu untuk memuliakan nama Tuhan, itu pesan dari saya, saya orang asli disini, Puji Tuhan. Acara ini sebenarnya saya tidak hadir, karena saya mau ikut acara peresmian gereja di kampung saya, tapi ini acara yang diselenggarakan oleh Ibu Bupati, dia bikin  karena Tuhan kasih hikmat jadi saya harus hadir, Puji Tuhan”

Pesan penting yang diucapkan sebagai tokoh penting dalam sejarah gereja KINGMI dalam acara KKR tersebut yang menekankan pada bersatunya gereja dalam persekutuan umat kristen, pemerintah dan mitranya lebih peka pada panggilan ibadah kepada Tuhan untuk bersyukur dan membesarkan nama Tuhan sebelum tugas pelayanan pemerintahan lainnya.

Pdt. Yosias Tebay telah mengakhiri masa hidup pada usia yang ke 90 tahun, yang penuh makna,kisah berharga, inspirasi serta pelayanannya sebagai Hamba Kristus yang ke 65 tahun. Kisah perjalanan nyata seorang sosok penginjil pribumi Papua dari kampung Okago yang telah mengabdikan seluruh hidup dan pelayanan bagi jiwa-jiwa di Tanah Papua. Membawa pengembangan gereja KINGMI dan Penginjilannya untuk mengjangkau jiwa-jiwa yang lebih luas demi tugas penyelamatan umat Tuhan kepada kehidupan didalam Yesus Kristus untuk mendapatkan keselamatan yang sama sebagai ahli waris kerajaan sorga yang di janjikanNya.


Perjalan hidup Pdt. Y Tebay perlu ditulis dalam sejarah emas orang Papua, keteladanan, keteguhan iman dan semangat pelayanan yang telah di tinggalkannya adalah spirit bagi generasi yang akan meneruskannya. Perlu ditulis dalam suatu biografi deskriptis perpektif iman kristen dan pesan moral hidup tentang kisah sosok sejarahwan dan penginjil di era misonaris ke masa globalisasi yang telah dibaca oleh generasi misonaris, penginjil/pendidik dan generasi melenium yang terlahir diatas tahun 2000an.

Pdt. Y. Tebay sendiri telah menuliskan buku tentang sejarah Gereja Kingmi di Tanah Papua, buku ini telah memberikan refeleksi dan pesan homeletik serta pelayanan kontekstual Papua dalam tugas-tugas mengjangkau jiwa-jiwa yang masih di bawah misi penginjilan pertobatan yang di jalankan oleh Gereja Kingmi di Tanah Papua.

Seluruh umat KINGMI kehilangan dan berduka cita yang mendalam atas perginya Alm. Pdt Y. Tebay ke pangkuan Allah di sorga. Bahkan pula simpatisan siapapun yang telah bekerja dan bermitra selama beliau masih hidup sebagai sosok orang tua, panutan iman dan pondasi yang berkomitmen teguh dalam penginjilan dan pelayanan didalam panggilan Kristis.

Selamat beristrahat dengan kedamaian dan keabadian menyabut berkat surga dalam menuai jerih lelah pelayananmu selama tugas pelayanan dimulai hingga akhir dengan menua, yang menginspirasi dalam iman dan pelayanan bagi generasi saat ini dan di masa depan. Tuhan menyambut bersama para kudus di sorga sana.

Baca Sejarah Gereja Kemah Injil Indonesia – K i n g m i (gerejakingmi.com) dan dialog Live Streaming di Jubi TV  Sejarah Gereja Kingmi Papua  yang di ceritakan langsung oleh tokoh gereja Kingmi Papua Bapak Pdt. Y. Tebay.

Oleh Romyforest

Tanah Tabi, 10 Agustus 2024